Extensible business reporting language adalah cara

Karena komputer dapat membaca perintah tag dengan mudah maka tidak perlu lagi menginput data secara manual, karena dengan menggunakan XBRL untuk mengentri data yang akan dianalisis dengan cepat dan akan disorot secara otomatis.

Masing-masing negara memiliki aturan akuntansi yang berbeda-beda. Dalam system akuntansi, file voucher adalah sebuah bagian penting dari jejak audit, menyediakan informasi mengenai sumber seluruh entri yang dibuat untuk memperbaharui buku besar.

Uji pengulangan data redundand data check untuk mencocokkan nomor rekening dengan nama rekening, guna menjamin kebenaran rekening buku besar yang menerima posting. Misalnya, dalam taksonomi akuntansi, kas diklasifikasikan sebagai bagian dari aset lancar, dan aktiva lancar diklasifikasikan sebagai bagian dari total aset.

XBRL dapat menghemat waktu dan mengurangi kesempatan bagi kesalahan entri data. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, sistem buku besar dan pelaporan tidak hanya menghasilkan laporan periodik, tetapi juga mendukung secara umum.

Bagaimanakah cara kerja XBRL? Perkembangan di Hong Kong masih pada tahap awal, namun pengaruhnya pada industri akuntansi tidak bisa dihindari. Selanjutnya taksonomi laporan keuangan ini akan disosialisasikan kepada seluruh Perusahaan Tercatat. Aktivitas-aktivitas dalam sistem buku besar, antara lain: Charlie mulai mengebangkan prototipe dari laporan keuangan dan jadwal audit yang menggunakan XML.

Saat ini, dapat dikatakan bahwa XBRL merupakan sistem yang berbasis XML terbaik dan fleksibel karena dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan informasi keuangan.

BEI Luncurkan Sistem Pelaporan Emiten Berbasis XBRL

Bank Indonesia sejauh ini bisa dikatakan menjadi satu-satunya lembaga dari Indonesia yang berpartisipasi dalam pengembangan standar global pelaporan bisnis secara elektronis yang dipelopori XII. Seperti apa contoh kasus penggunaan XBRL pada perusahaan? Bagaimana cara kerja XBRL?

Komputer dapat memperlakukan data XBRL secara cerdas: Ikuti perkembangan informasi terkini mengenai pergerakan IHSG di sini. Secara ringkas, XBRL dapat mempercepat, mengurangi usaha dan meningkatkan kehandalan dalam tugas-tugas akuntansi dan audit.

Pada ancaman data yang tidak akurat dilakukan pengendalian dengan integritas pengolahan data sedangkan dari ancaman pengungkapan laporan keuangan yang tidak diotorisasi, dengan memberikan batasan akses kebuku besar dan back up dan prosedur pemulihan data. Buku besar merupakan dasar pembuatan laporan neraca dan laporan laba rugi.

Sistem Pelaporan Keuangan Berbasis XBRL

Pada bagian ini akan dianalisis apakah perusahaan perlu mewaspadai adanya penyimpangan dan bahaya yang terjadi pada proses pemuthakiran buku besar dan pelaporan atau tidak. XBRL juga dianggap memiliki dampak yang signifikan terhadap akuntansi dan pengauditan. Hal ini diantisipasi oleh perubahan yang akan memberikan investor dan instansi pemerintah lainnya dengan meningkatkan integritas data dan keseragaman.

Organisasi dapat memanfaatkan XBRL untuk mendefinisikan informasi keuangan dan menghasilkan laporan keuangan dalam berbagai format.XBRL adalah akronim dari eXtensible Business Reporting Language atau yang biasa disebut dengan pelaporan keuangan universal yang merupakan format baru laporan keuangan dengan menggunakan perintah (tag) yang biasa digunakan di internet, sehingga tampilan laporan keuangan tersebut bisa di akses, di analisis dan di.

XBRL (Extensible Business Reporting Language) adalah suatu standar terbuka berbasis XML yang mendukung pemodelan informasi serta ekspresi makna semantik yang biasanya dibutuhkan oleh pelaporan bisnis.1/5(1).

XBRL - Extensible Bisnis Reporting Language - adalah kerangka kerja kolaboratif yang dikembangkan untuk menciptakan terstandarisasi dan disesuaikan dengan representasi digital dari laporan keuangan, pajak dan laporan bisnis lainnya secara rinci dan ringkas dan data ekstrak.

Jan 02,  · Extensible Business Reporting Language (XBRL): Implikasi pada Pradigma dan Rantai Pasok Pelaporan Keuangan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi InformasiAA Seminar Nasional Aplikasi Teknologi InformasiAA PT Bursa Efek Indonesia meluncurkan sebuah sistem pelaporan emiten dengan menggunakan extensible business reporting language (XBRL).

Extensible Bisnis Reporting Language (XBRL) merupakan bahasa berbasis XML yang menyediakan solusi yang efektif untuk persiapan, presentasi dan pertukaran Standar Pelaporan Keuangan Internasional.

Download
Extensible business reporting language adalah cara
Rated 5/5 based on 72 review